7 Cara Merawat Rambut Panjang Wanita

Memiliki rambut panjang yang tampak indah dan mempesona tentu menjadi impian setiap wanita. Tak jarang, banyak orang rela melakukan berbagai cara untuk membuat rambut panjang dengan cepat. Tetapi, jika tidak dirawat dengan tepat, rambut panjang justru akan rawan menghadapi berbagai masalah.

Merawat rambut panjang bukanlah hal perkara yang mudah, selain harus memahami langkah perawatan yang tepat, juga perlu mengetahui cara mengatasi berbagai masalah pada rambut panjang. Tips atau kiat merawat ramut panang ini bisa dimulai dari mengubah kebiasaan-kebiasaan yang mungkin jarang dilakukan. Berikut cara merawat rambut panjang wanita.

1. Memotong ujung rambut secara rutin
Ujung rambut adalah bagian yang paling rentan menjadi bercabang dan mengalami kerusakan. Jika dibiarkan rusak, dapat merambat ke bagian rambut yang masih sehat. Waktu yang disarankan untuk memotong ujung rambut rambut adalah 10-12 minggu sekali. Maka dari itu dapat mencegah tumbuhnya rambut bercabang, dan mendukung pertumbuhan rambut lebih sehat.

2. Menggunakan produk perawatan rambut yang tepat
Pemilihan sampo harus sesuai jenis rambut agar rambut panjang dan tetap sehat dan berkilau. Jika sampo tidak sesuai jenis rambut, dapat membuat rambut mudah rusak. Selain sampo, juga dianjurkan menggunakan kondisioner setelah keramas agar kelembapan rambut tetap terjaga dan rambut menjadi lebih lembut serta mudah diatur.

3. Menghindari kebiasaan terlalu sering keramas
Hindari terlalu sering mencuci rambut atau keramas. Kebiasaan ini dapat membuat rambut menjadi kering dan mudah patah. Jika tidak mempunyai masalah rambut dapat disarankan untuk mencuci rambut setiap 1-2 kali seminggu. Tetapi yang mempunyai rambut berminyak atau kulit kepala sering terasa gatal dan kotor, dapat keramas lebih sering, seperti sekali sehari.

4. Mengeringkan rambut dengan hati-hati
Bila ingin mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk, hindari menggosok rambut ke handuk karena kebiasaan ini justru membuat rambut menjadi rusak dan mudah rontok. Jika ingin menggunakan pengering rambut, disarankan untuk mengeringkannya secara perlahan dengan suhu panas terendah.

5. Mempertahankan diet sehat
Memenuhi asupan nutrisi ambut yang cukup, dapat menyehatkan rambut dan bagus. Makanan juga dapat sebagai cara untuk merawat rambut yaitu sehat makanan yang perlu mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, Vitamin D dan Vitamin E. Berbagai vitamin tersebut bisa didapatkan pada makanan seperti telur, ikan, daging tanpa lemak, sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan.

6. Menghindari penataan rambut secara berlebihan
Hindari penataan rambut penataan rambut berlebihan. Penataan rambut sebaiknya dihindari adalah menggunakan pewarna rambut dan meluruskan atau mengeriting rambut dengan catokan. Tak hanya itu, kebiasaan menjepit rambut atau menguncir rambut terlalu kencang dapat menyebabkan rambut mudah patah dan rontok.

7. Menggunakan masker rambut
Perawatan selanjutnya yaitu menggunakan masker rambut yang dapat membuat rambut menjadi lebih sehat. Cara ini juga efektif untuk membuat rambut lebih indah. Kamu juga bisa menggunakan masker berbagai macam bahan dan pilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan rambut.

 

Reporter : Hanifa Safia Fida Azizah
Redaktur : Alivia Defista

Pos dibuat 448

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas