Gamelan Jawa

Pastinya kita sudah tidak asing lagi mendengar kata “Gamelan” salah satu musik tradisional Indonesia khususnya musik tradisional Jawa. Apa sih pengertian gamelan itu? Gamelan adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa dan banyak sekali masyarakat yang mencintai kesenian gamelan ini. Gamelan bersal dari kata “gamel” yang berarti memukul atau menabuh, sedangkan  imbuan “an” merupakan bentuk kata benda. Sehingga  disimpulkan gamelan adalah seperangkat alat musik yang dimainkan  dengan cara dipukul atau ditabuh.

Alat musik gamelan ini bisa ditemukan diberbagai daerah di Indonesia, iringan nada gamelan ini juga sebagai pertunjukan musik lengkap dengan penyanyi yang sering disebut sinden.

Gamelan Jawa dengan irama lembut ini biasanya dipakai untuk mengiringi pagelaran wayang  pertunjukan tari, mengiringi pengantin dan banyak lagi acara-acara tertentu yang diiringi oleh Gamelan jawa ini.

Setiap elemen alat musik gamelan tentunya memiliki fungsi tersendiri, terdapat beberapa kategori sesuai dengan fungsinya, yaitu:

  • Kendang atau gendang, berfungsi sebagai pengatur irama, cepat atau lambatnya tempo disebut juga dengan komando.
  • Pencon, terdiri dari gong, kempul, kenong, kethuk, berfungsi untuk menjaga kestabilan tempo.
  • Balung yang terdiri dari saron, demung, slethem, peking berfungsi sebagai pembawa melodi pokok lagu.
  • Instrumen pelengkap yang terdiri dari gembang, cemplong, siter, rebab, dan suling. Fungsi dari instrumen ini adalah sebagai pelengkap lagu supaya komposisi lagu tetap harmonis.


Nama              : Yeni Bela Kusuma Wardani

Npm                : 19410011

Redaktur         : Dewa

Editor : Dwi Anto

Sumber           : https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/01/19/223641078/sejarah-fungsi-dan-jumlah-alat-gamelan-jawa?page=all

Pos dibuat 448

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas