Mengenal Tentang Musik tradisional “Karawitan”

Fisinews.com-

Karawitan ialah seni yang bisa dibilang sebagai seni tertua yang terlahir di tengah masyarakat Jawa. Sebuah seni suara yang menawarkan keindahandan memiliki fungsi estetika yang bernilai sosial, moral dan spiritual. Karawitan berasal dari bahasa jawa yaitu rawit, yang mempunyai arti rumit, halus, dan indah. Karawitan khususnya di pakai untuk mengacu pada genre musik gamelan jawa yang berlaras slendro dan pelog. Dalam Karawitan biasanya terdapat pementasan gending dengan menggunakan gamelan ageng baik vokal maupun instrumental yang biasa disebut dengan klenengan.

Awal mula perkembangannya, karawitan gamelan hanya ada diupacara-upacara keraton, lalu di masa mataram dikatakan sebagai tonggak Seni Karawitan, seni suara ini juga difungsikan sebagai sarana hiburan yang juga dapat dinikmati oleh masyarakat diluar keraton.

Karawitan adalah seni musik Indonesia yang mempunyailaras Nondiatonic (Slendro dan Pelog), yang menggunakan sistem notasi, warna suara, ritme, dan aturan dalam bentuk sajian instrumental, vokal dan campuran yang indah didengar mengandung nilai historis dan filosofi bangsa Indonesia.

Karawitan merupakan salah satu seni budaya yang diwariskan oleh orang jaman dulu yang masih digemari sampai sekarang. Perkembangan pada seni karawitan menggambarkan bahwa seni ini merupakan salah satu kebudayaan yang selalu ingin berkembang, dengan menyesuaikan perkembangan jaman. Pada jaman kerajaan seni karawitan berkembang sangat pesat, peran raja sebagai penguasa tunggal menentukan hidup matinya suatu bentuk seni.

Nama : Alviana Cahyaning Utami
Npm : 19410034
Redaktur : Dewa
Editor : Gandi Setyo Pambudi

Sumber : https://kamasetra.wordpress.com/2020/03/31/karawitan-artikel-ini-dihimpun-dari-tugas-mppk-warga-baru-2020/

Pos dibuat 448

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas