Penggunaan Google Meet dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Google Meet
Google

Surakarta – Pandemi Covid-19 yang sedang merebak di Indonesia, telah menjadikan kepanikan yang besar dalam kehidupan masyarakat, terjadi banyak perubahan aktivitas, salah satunya ialah aktivitas belajar mengajar di ranah Pendidikan.

Demi mencegah penyebaran Covid-19 yang lebih besar, Mendikbud mengeluarkan Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 agar seluruh kegiatan belajar mengajar baik di sekolah maupun di perguruan tinggi dapat dilakukan dengan  menggunakan metode pembelajaran daring ( dalam jaringan ).

Dalam hal ini banyak Aplikasi yang dapat kita gunakan saat melakukan pembelajaran daring, misal seperti Zoom, WhatsApp, Skype, FB Mesenger dan masih banyak lainnya. Tetapi ada aplikasi bawaan dari Google yang mampu kita gunakan untuk pembelajaran daring tanpa harus mendownload-nya. Yaitu, Google Meet. Tidak banyak yang tau tentang Google Meet ini, padahal Google Meet ini lebih mudah di gunakan di bandingkan aplikasi – aplikas lainnya, simak cara penggunaan Google Meet di bawah ini :

Pertama, kita buka Chrome lalu kita Login menggunakan E-Mail

Kedua, setelah Login di pojok kiri atas ada titik titik 3 berbaris dan 3 berbanjar, itu di klik dan akan muncul beberapa item salah satunya item bergambar video, yang merupakan Google Meet.

Ketiga, klik gambar Google Meet, setelah masuk. Disini ada pilihan rapat baru dan masukkan kode link, kalo kita sebagai host kita langsung klik saja Rapat Baru, tetapi ketika kita mau bergabung ke dalam Meet, kita cukup klik link yang akan di berikan oleh host.

Keempat, disini saya akan klik Rapat Baru, setelah itu klik tulisan Rapat Instan, dan otomatis room akan terbuat dan disini kita yang akan menjadi host nya, setelah itu kita tinggal klik tulisan gabung sekarang, otomatis akan muncul tulisan salin info akses, nah disitu terdapat link yang bisa di bagikan kepada para murid atau mahasiswa agar mereka bisa masuk kedalam room yang telah di buat tadi.

Dengan adanya Google Meet, di harapkan murid maupun mahasiswa bisa lebih menghemat kuota dan ruang penyimpanan di handphone, dikarenakan tidak perlu mendownloadnya lagi, sebab Google Meet sudah terdapat di masing masing akun Google anda, ujar ‘Fanny Hendro Aryo Putro’ selaku Dosen di Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

Reporter : Alfia Wahyuningrum

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*