5 Rekomendasi Kuliner Solo, Wajib Kamu Coba !

Surakarta – mrrupakan kota yang berada di provinsi Jawa Tengah. Kota ini merupakan kota besar ketiga di Pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung dan Malang berdasar jumlah penduduk. Kota ini juga termasuk kota wisata yang banyak didatangi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Selain destinasi wisata, solo juga mempunyai ragam kuliner yang lezat-lezat.

Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, bahkan makanan kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, yuk simak 5 tempat kuliner yang wajib anda coba!!

1. Bakso Alex
Kuliner ini merupakan salah satu kuliner yang terkenal di kota solo. Bakso ini terdiri dari 2 macam bakso, yaitu bakso halus dan bakso urat. Satu porsi bakso komplit berisi 2 buah bakso urat, serta 3 buah bakso halus, bihun, pangsit, dan taburan irisan seledri dan bawang goreng, lalu disiram dengn kuah kaldu panas. Ciri khas bakso ini adalah daun sawi rebus yang disajikan terpisah.

2. Sate Kambing Pak Manto
Sate ini terkenal dengan sate buntelnya yang merupakan ciri khas sekaligus menu andalan daam warung ini. Sate ini terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing lalu di bakar dan memiliki aroma khas daging lembut. Ditambah dengan merica dan kecap dalam penyajiannya.

3. Nasi liwet
Nasi liwet adalah makanan khas favorit kota solo berupa nasi gurih yang diolah dengan menggunakan air santan. Nasi liwet ini memiliki bentuk dan cita rasa yang berbeda dengan nasi liwet sunda. Biasanya nasi liwet disajikan dengan suwiran ayam, telur rebus, kuah sayur lbu siam dan are santan. Selain itu, nasi ini dapat dijadikan pilihan baik sarapan maupun makan malam.

4. Soto Seger Hajah Fatimah
Soto ini merupakan salah satu cabang soto khas Boyolali yang teretak di kota Solo. Soto ini memiliki tipe kuah bening yang disajkan dengan mangkok kecil. Soto ini memiliki 2 macam jenis yaitu soto ayam dan soto Daging sapi. Dan juga ada luk yang disajikan seperti tahu, tempe, perkedel, bakwan, sosis basah solo, sosis goreng, karak, krupuk, sate ayam, sate kikil, sate ati, sate telur puyuh dan lainnya.

5. Ayam Keprabon
Tempat makan ini berdiri sejak tahun 2015 di kota solo. Ayam keprabon adalah ayam geprek dalam bentuk rich bowl. Ayam keprabon ini juga memiliki beberapa macam menu paket geprek dengn tiga sambel andalan yaitu bohay, karca dan terasi.

 

Reporter : Bunga Gadis
Redaktur : Alifia Devista R

Pos dibuat 448

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas