Makanan Khas Bandung, Seblak! Kini Jadi Makanan yang Digemari Banyak Orang

Seblak merupakan makanan khas Bandung, Jawa Barat yang terbuat dari kerupuk aci serta kuah berbumbu rempah dengan rasa pedas. Pecinta kuliner pasti pernah tau atau bahkan pernah mencicipi seblak, kuliner khas Jawa Barat.
Seblak kini menjadi makanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat. Seiring berkembangnya tren jajanan tradisional dan kaki lima, seblak tidak hanya disajikan dengan isian aslinya. Seblak berkembang menjadi makanan yang modern dan berhasil menarik perhatian masyarakat. Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa khas yang pedas dan menyegarkan, serta memiliki beberapa variasi, baik rasa maupun bahan tambahan juga kemasan penjualan.
Bahan dasarnya adalah kerupuk, cara pengolahannya sangatlah mudah yaitu pertama kerupuk direbus bisa ditambahkan sayuran lalu diberi bumbu seperti kencur, bawang merah, bawang putih, garam, cabai rawit, dan penyedap rasa sesuai selera. Seblak memiliki 2 macam jenis yaitu seblak kering yaitu kerupuk pedas mirip dengan basreng (bakso goreng) dan seblak basah yaitu seblak kerupuk, seblak makaroni, seblak ceker ayam, seblak tulang ayam, seblak mie basah, seblak tulang, seblak bakso, seblak basreng, seblak batagor, seblak aci, seblak kwetiau, seblak siomay, seblak pangsit, seblak kikil, seblak telur, dll.
Belakangan bahkan seblak telah dimodifikasi isian atau toppingnya. Sekarang sudah lumrah jika kita melihat sajian seblak berisi kerupuk, telur, siomay, ceker, cilok hingga bakso. Bahkan ada juga yang menambahkan aneka bakso ikan hingga sayur yang biasanya menjadi isian steamboat atau suki.
Padahal, dahulu isian seblak sederhana, hanya kerupuk yang direndam di air panas yang kemudian dimasak dengan bumbu halus berupa bawang putih, kencur dan cabai rawit.
Namun ada yang menjadi ciri khas seblak yang tidak ada dalam makanan lain. Yang pertama, bumbu seblak wajib menggunakan kencur atau cikur dalam bahasa Sunda.
Sensasi rasa kencur yang pahit, pedas terasa hangat saat menyentuh lidah dan masuk perut. Dengan aroma yang khas, kencur juga memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan serta meredakan sakit tenggorokan dan batuk.
Selain itu, yang membedakan seblak dengan makanan sejenisnya bahan kerupuk berwarna oranye yang biasanya menjadi toppingnya.
Saat ini, seblak menjadi kuliner jalanan yang banyak disukai masyarakat, seblak pun tak hanya dijual di warung makan pinggir jalan saja, tetapi juga di toko-toko online, bahkan seblak juga hadir dalam kemasan penjualan yang lebih praktis bagi masyarakat, selain itu seblak juga disediakan dengan cara prasmanan ambil sendiri topping yang disukai. Meski asal-usul seblak tidak jelas, namun dari segi rasa, ia sangat menarik minat banyak masyarakat.

 

 

Reporter : Zulaikha Nur Laili
Redaktur : Alifia Devista R

Pos dibuat 448

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas