STREET PHOTOGRAPHY MAKIN DIGEMARI !

Saat ini, dunia fotografi tak lagi hanya dimiliki oleh fotografer ternama, yang lengkap dengan peralatan dan studio yang memadai. Melainkan dengan perkembangan gadget yang semakin melejit, membuat fotografi menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari kawula muda.

Sosial media pun menjadi ajang pamer dari hasil kemampuan jeprat-jepret setiap saat. Alhasil, genre street photography makin berkembang di Tanah Air. 

Melansir dari Republika.co.id, Fotografer profesional Rony Zakaria mengungkapkan bahwa, kepopuleran aliran street photography terjadi karena prosesnya yang sederhana. Untuk menghasilkan foto yang mumpuni, kamera yang ada di gadget sudah mampu menjadi senjata ampuh. Apalagi dalam perkembangannya, ada pula kamera yang memiliki berbagai jenis lensa dan ukuran. Sehingga, kamera dapat dibawa ke manapun untuk menunjang street photography.

Street photography atau fotografi jalanan memang berkembang menjadi aliran fotografi tersendiri. Karena, pada dasarnya objek yang yang menjadi sasaran diambil di ruang publik dalam kondisi candid atau tanpa pengarahan. Foto-foto dalam street photography juga dapat dilakukan di beragam lokasi, seperti jalanan, pasar, mal, terminal, dan stasiun. Dengan kamera yang tak berat untuk dibawa, fotografer dimudahkan untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya.

Genre street photography juga membebaskan fotografer untuk mengambil objek foto apa pun. Sehingga, aliran ini memberikan kebebasan bereksplorasi karena tidak terkhusus pada momen tertentu. 

Untuk urusan teknik memotret, street photography tidak memerlukan teknik tinggi atau lensa kamera supermahal. Cukup dengan mengasah kemampuan dan intuisi dengan memperhatikan beragam hal yang ditemui sehari-hari.

Pengalaman memotret beragam hal menarik yang ditemui di jalanan dapat mengasah skill memotret yang sempurna ala street photography. Semakin lama, biasanya fotografer akan menyatu dengan suasana jalanan. Dia pun tahu harus ke mana dan bagaimana saat ada kejadian menarik yang datang.

Melakoni street photography sama sekali bukan pekerjaan yang mudah. Keseharian yang hingar-bingar, orang yang tak berhenti bergerak, dan momen yang tak dikira sebelumnya, menjadi tantangan tersendiri di street photography. Belajar tentang genre fotografi yang satu ini pun tak melulu sebatas latihan. Perlu juga tips dan trik agar kemampuan semakin terasah. 

Dikutip dari Digital Photography School, berikut adalah tips seputar street photography :

1. Berhenti Bergerak

Karena tantangan terbesar street photography adalah menangkap momen, sebaiknya sempatkan momen untuk melihat kondisi sekitar. Berdiam sebentar sembari mencermati keadaan bisa jadi kesempatan yang baik sebelum momen tak terduga datang. Perhatikan juga keadaan sekitar. Sebaiknya, biarkan objek atau momen yang ditunggu-tunggu datang tanpa kita harus mengejar.

2. Fokus Pada Mata

Tidak hanya berlaku pada street photography, tips ini juga bermanfaat untuk genre-genre lainnya. Emosi yang ada di wajah mungkin bisa ditutupi sedemikian rupa, tapi tidak pada pancaran mata.

Mencari emosi yang tersirat di mata bisa mendongkrak dramatisasi foto yang dihasilkan. Untuk mendapatkannya, ada baiknya tunggu sampai objek yang akan difoto menatap kita secara langsung. Tapi, memotret objek secara candid bukan tak mungkin juga tetap menampilkan emosi yang diperlukan.

3. Perhatikan Detail

Street photography tak melulu hanya akan bagus apabila kita menangkap momen yang besar. Genre ini juga bisa jadi tak kalah memesona apabila yang ditangkap adalah momen sederhana.

Oleh karena itu, fokuskan diri pada detail yang yang ditemui sehari-hari. Foto yang kuat bisa datang dari momen yang paling biasa sekalipun. Asal kita memperhatikan ekspresi, cara berpakaian, bahasa tubuh, atau detail lainnya.

4. Memotret Tanpa Orang

Meski namanya street photography, bukan berarti orang harus selalu masuk dalam frame yang dihasilkan. Di luar sana, terdapat begitu banyak kemungkinan tak terbatas yang bisa kita temui, selama tak membatasi diri harus memotret dengan orang sebagai objeknya.

(Aldhan Gradika Sena / Anar Nalendra W)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*