5 Tips Untuk Menyikapi Omongan Tetangga Yang Bikin Sakit Hati

FisiNews.com – Tetangga adalah orang yang rumahnya dekat dan tinggal di sekeliling rumah kita, Bersosialisasi bersama tetangga seharusnya membuat kita merasa terhibur dan sejenak lupa akan kepenatan setelah bekerja ataupun kepenatan didalam rumah. Namun, omongan tetangga memang sering membuat kita sakit hati apalagi jika tidak sesuai ekspetasi mereka, semisal kita membeli barang baru pasti akan menjadi bahan omongan tetangga yang bisa membuat kita kepikiran dan seolah tertampar. Setelahnya, ingin berdiam di rumah dan lebih memilih menutup diri. 

Tapi sayangnya, di manapun kalian tinggal akan tetap ada seorang tetangga yang sikapnya demikian. Apapun yang dikatakan seolah langsung saja terasa bikin sakit hati yang mendalam.

Nah Berikut ini adalah 5 tips yang wajib kamu ketahui untuk menyikapi omongan tetangga yang bikin sakit hati :

1. Mengurangi Interaksi

Jika kamu sudah mengetahui tetanggamu yang memiliki sifat seperti itu, ada baiknya kamu harus mengurangi interaksi dengannya supaya tidak ada lagi pembahasan yang membuat tersinggung dan sakit hati. 

Namun demikian, agar kamu tidak dicap sebagai tetangga yang tidak sopan.  Tipsnya adalah kamu cukup menyapa ketika lewat atau sekadar bertanya basa-basi saja. Namun, jaga lah jarak saat tetangga ingin mengobrol yang panjang.

2. Cukup Dengarkan Saja

Tentu, tidak sopan menutup telinga atau tiba tiba menghindari tetangga yang sedang mengajakmu berbicara, bukan? Mau tidak mau, kamu harus mendengarkan apa yang tetanggamu ucapkan dan mungkin sudah terlanjur kamu dengarkan. Jadi, biarkanlah tetanggamu berbicara didepanmu. Setelahnya, buang jauh. Anggap angin lewat saja

3. Mencari Alasan yang Tepat

Agar terhindar dari perkataan tetanggamu yang kurang enak, kamu bisa mencari alasan  yang tepat untuk melakukan sesuatu yang lupa kamu lakukan. Misalnya, lupa mengerjakan tugas, lupa mencabut setrika, mau menjemur pakaian, atau kepura-puraan yang lainnya. Jika memang mejauh dari topik yang sedang dibahas membuat kamu merasa lebih baik, lega dan tidak menambah pikiran yang sudah ada. 

4. Jujur

Kalau kamu orangnya jujur dan tidak enak buat berbohong dengan tetangga. Lebih baik kamu mengatakan apa yang kamu rasakan saat itu, jika kamu merasa tersinggung. Jangan lupa untuk menjelaskan alasannya. Misalnya, karena perbedaan dalam kamu memandang hal tersebut.  Namun, ada risiko untuk berdebat jika tetanggamu tidak bisa menerima hal yang kamu katakan sejujurnya. Tapi setidaknya, kamu sudah mengeluarkan keluh kesah dan pendapatmu yang sebelumnya kamu pendam sendirian. 

5. Mengalihkan Perhatian

Hampir sama dengan mencari alasan. Hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mengalihkan perhatian dengan mencari kesibukan. Carilah kesibukan sesuai passionmu, misalnya ibu rumah tangga biasanya adalah membereskan rumah, mencuci piring, memasak, atau yang lainnya. Usahakanlah agar kamu fokus dengan apa yang kamu kerjakan sekarang sehingga apa yang dikatakan tetanggamu tidak terus menjadi bayang-bayang.

Nah, jadi itu dia 5 tips yang wajib kamu ketahui untuk menyikapi omongan tetangga yang bikin sakit hati, semoga bermanfaat

Reporter          : Arizka Alfajri
Redaktur         : Taufik Hidayat
Sumber            : yoursay.id

Link                 : https://yoursay.suara.com/lifestyle/2022/02/17/083620/5-tips-menyikapi-omongan-tetangga-yang-nyelekit-agar-tak-sakit-hati

Pos dibuat 448

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas