Begini Cara Mencuci Masker Kain saat Pandemi COVID-19

masker kain

Fisinews.Com, – Disaat pandemi virus Corona, semua orang di seluruh penjuru dunia sangat dianjurkan memakai masker oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).Sebagai upaya pencegahan COVID-19, pemerintah menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker bila berpergian.

Seiring kelangkaan masker medis, kini masyarakat diminta memakai masker kain saat beraktivitas di luar rumah. Sebenarnya masker kain  tidak benar efektif untuk melindungi kita dari risiko infeksi virus. Namun, menggunakan masker kain tetap bisa melindungi dan mencegah menyebarkan virus ke orang lain.

Penggunaan masker kain juga tidak bisa sembarangan. Masker kain sebaiknya digunakan tidak lebih dari 4 jam. Masker kain dapat di gunakan lagi setelah masker dicuci. Mencuci masker juga tidak bisa sembarangan.

Dilansir dari KOMPAS.COM kita harus memperhatikan kebersihan masker kain yang kita gunakan sehari hari dan rutin untuk mencucinya.Tata cara mencuci masker kain Pakar Kesehatan Darurat Peter Favini mengatakan, masker kain yang kita gunakan harus benar-benar bersih. Karena kita tidak tahu bakteri apa yang menempel pada masker kita. Selain itu, mencuci masker kain juga tidak bisa sembarangan. Pakar Penyakit Menular Daniel Griffin mengatakan, masker kain bisa kita cuci bersama dengan pakaian lainnya.

Membersihkan masker kain juga tidak perlu menggunakan sabun cuci khusus bakteri. Menggunakan sabun antibakteri belum tentu terbukti membasmi virus dan bakteri. Saat mencuci dengan mesin, gunakan pengaturan suhu terpanas untuk menetralkan mikroba. Saat menjemur, jemur masker kain di tempat yang mendapatkan paparan cahaya matahari paling tinggi .Riset menunjukan durasi paparan sinar matahari yang diperlukan untuk mengurangi kontaminasi virus hingga 90 persen adalah lebih dari satu jam paparan sinar matahari langsung.

Reporter : Chelsa Agatha

Redaktur : Alfia Wahyuningrum

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*