Lakukan 5 Cara ini Agar Lebih Hemat Waktu dan Uang Saat Belanja Bulanan

Fisinews.com –  Saat belanja bulanan rata rata orang memanfaatkannya untuk membeli seluruh kebutuhan untuk sebulan ke depan.

Biasanya kita berbelanja bulanan di pasar, minimarket, atau supermarket yang membuat kita terasa lebih nyaman, karena sangat lengkap dan lebih murah.

Tetapi kita sering kali saat belanja bulanan kita malah kelewat asyik sehingga lupa waktu dan bahkan tanpa berpikir panjang ternyata kita malah membeli barang yang kurang penting dibutuhkan.

Dan tanpa disadari akhirnya kita pun sudah melakukan pemborosan karena kita mengeluarkan uang yang tidak seharusnya kita keluarkan. Kalau begitu yuk kita terapkan 5 cara berikut ini supaya tidak lagi boros waktu dan uang saat belanja bulanan.

  1. Buat Jadwal Belanja

Cara pertama yaitu buatlah jadwal belanja bulanan semisal dua setengah  minggu sekali atau dua minggu sekali sehingga kita menjadi lebih teratur saat berbelanja. Setelah itu jika sudah mendapatkan semua barang yang dibutuhkan, segera pulang ke rumah

2. Membuat Daftar Belanja

Cara kedua adalah buatlah daftar belanja terlebih dahulu paling tidak waktu malam hari atau sehari sebelum pergi berbelanja. Cek semua barang barang yang ada dirumah coba lihat apa saja barang-barang yang sudah habis dan perlu diisi ulang. Tanyakan juga pada semua orang yang ada dirumah barang-barang apa saja yang mereka butuhkan.

3. Membuat Skala Prioritas

Cara ketiga ini sangat penting karena kita harus bisa membedakan mana barang yang dibutuhkan dan diinginkan. Utamakan barang-barang yang memang dibutuhkan, bukan diinginkan. Kita bisa memulai dengan menuliskan semua daftar barang-barang yang harus dibutuhkan. Mulai dari kebutuhan rumah tangga seperti perlengkapan mandi, bumbu dapur, dan kebutuhan lainnya.

4. Usahakan Belanja di Satu Tempat Saja

Jika di daerah kamu ada supermarket yang  memungkinkan menyediakan seluruh barang yang dibutuhkan pergilah ke supermarket itu karena kita tidak perlu berpindah pindah tempat belanja karena  bisa memakan waktu lebih lama. Tetapi jika tidak ada usahakan carilah dua tempat saja.

5. Gunakan Uang Cash

Menggunakan kartu kredit memang lebih praktis dan simple, tapi kita cenderung boros jika berbelanja membawa kartu kredit. Namun perlu diingat uang cash yang dibawa pun sebaiknya disesuaikan dengan perkiraan total harga belanjaan.

Itulah 5 cara agar kalian lebih hemat waktu dan uang saat berbelanja, semoga bermanfaat

Reporter          : Arizka Alfajri

Redaktur         : Taufik Hidayat

Sumber            : https://nakita.grid.id/read/023291680/5-tips-hemat-waktu-dan-uang-saat-belanja-bulanan-agar-isi-dompet-aman-terkendali?page=all

Pos dibuat 448

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas