Wanita Hamil Rentan Terinfeksi Covid-19, Bagaimana Langkah Pencegahannya ?

pencegahan covid bagi ibu hamil
pencegahan covid bagi ibu hamil

Fisinews.Com, Surakarta – Meningkatnya angka positif Covid-19  di Indonesia membuat kekhawatiran beberapa orang khususnya bagi orang yang mempunyai resiko tinggi terinfeksi Covid-19 seperti orang tu yang memiliki usia di atas 50 tahun, anak – anak dan juga ibu hamil.

Wanita hamil  memiliki sistem imun tubuh yang rendah sehingga mudah terkena inveksi virus. Hal itu disampaikan oleh Dokter Spesialis kebidanan dan kandungan di RSAB Harapan Kita, dr Mohammad Haekal SpOG. ( Dikutip dari Kompas.Com )

Maka dari itu ibu hamil sangat rentan tertular Covid-19 dan sangat membahayakan janinnya pada usia kehamilan trimester pertama dikarenakan pada trimester pertama janin yang berada didalam kandungan masih dalam kondisi lemah. Namun pada ibu hamil yang terinfeksi Covd-19 usia kehamilan trimester akhir yang sudah mlahirkan bayi kemungkinan tidak mempunyai resiko terhadap bayinya.

WHO merekomendasikan labgkah pencegahan Infeksi Covid bagi wanita hamil sebagai berikut :

  1. Sering mencuci tangan dengan cairan sabun
  2. Menggunakan handsanitizer
  3. Menjaga jarak dengan orang lain
  4. Mempraktikan kebersihan pernafasan seperti menutupi mulut dan hidung dengan siku yang tertekuk saat anda batuk atau bersin, atau bisa juga menggunakan tissue
  5. Hindari menyentuh mata, mulut dan hidung secara langsung

Reporter : Nur Fitri Dwi

Redaktur : Alfia Wahyuningrum

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*