Manfaat Berkuda Bagi Kesehatan Fisik!

Fisinews.com│Olahraga Berkuda baru-baru ini menjadi perbincangan yang menarik, terutama di kalangan selebritis seperti Nagita Slavina, Anya Geraldine, Nabila Syakib, Ayu Dewi dan Sarwendah. Bahkan dari beberapa artis tersebut sudah memiliki kuda pribadi dengan harga yang sangat fantastis.

Sayangnya olahraga berkuda ini terbilang cukup bergengsi dikarenakan harus mengeluarkan harga yang sangat mahal untuk membeli kuda, perawatan kuda dan sebagainya. Tetapi olahraga bergengsi ini kerap di pandang sebelah mata. Kebanyakan orang menganggap berkuda hanyalah hiburan semata, dimana kamu cukup naik ke punggung kuda kemudian mengendalikan cara berjalan kuda yang di tunggangin.

Tapi ternyata selama ini persepsi tersebut salah, menunggangi kuda tidak sesederhana itu. Ada banyak teknik yang harus di kuasai supaya mampu mengendalikan kuda dan megatur kecepatan lajunya. Perlu keahlian khusus dan latihan rutin agar bisa menunggangi kuda dengan baik dan benar.

Berkuda juga bukan hanya untuk bersenang-senang atau bahkan menguji adrenalin. Ternyata dengan olahraga berkuda mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan fisik.

Manfaat berkuda untuk kesehatan fisik :

Olahraga ini mampu melatih kekuatan otot kaki area abdomen, bahu hingga otot punggung. Ini terjadi karena tubuh harus berada di posisi tegak saat menaiki punggung kuda. Selain itu harus menggerakan tubuh mengikuti irama kuda yang dinaiki.

Khusus wanita, olahraga ini dapat membantu membakar kalori. Menurut buku Body For Life for Women, saat kamu menunggang kuda selama lima menit dengan berjalan santai maka akan membakar sebanyak 5 kalori. Ini terjadi karena menjalani olahraga horseback riding tidak jauh berbeda dengan aktivitas berjalan. Perlu kamu tahu, olahraga ini juga punya manfaat untuk memperbaiki fungsi liver.

Selain membakar kalori dan melatih otot, olahraga ini juga akan membantu kamu menjaga keseimbangan atau koordinasi tubuh. Siapapun dapat mencoba menjalani olahraga ini baik orang dewasa, anak-anak, hingga orang tua.

Sumber asli : Decathlon

(Fakhira Dinda Nur M / Anar Nalendra W)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*