SEDANG BERPUASA TETAPI INGIN BEROLAHRAGA? INI DIA TIPSNYA

Surakarta – Orang yang sedang menjalani ibadah puasa dianjurkan untuk tetap beraktivitas fisik atau berolahraga ringan agar tubuh tetap bugar. Saat berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman seharian. Tanpa asupan makanan dan minuman, tubuh akan merasa kekurangan energi untuk beraktivitas, apa bis akita berolahraga tetapi tetap menjalankan puasa?

Menurut Dokter Kesehatan Fisik dan Rehabilitasi Dr. Wahyu Sita Wardani, Sp. KFR., M. Ked. Klin menjelaskan, puasa bukanlah penghalang untuk berolahraga. Justru olahraga saat puasa dapat membantu tubuh tetap bugar, selama dilakukan dengan waktu dan jenis yang tepat.

“Saat puasa kita dapat memilih olahraga dengan intensitas ringan atau sedang seperti jogging, jalan kaki, atau jalan cepat, bersepeda, dan aerobik ringan. Namun hindari melakukan olahraga intensitas tinggi saat puasa,” tuturnya.

Berikut Tips Olahraga Saat Sedang Puasa
Tidak boleh sembarangan melakukan olahraga saat berpuasa. Ada hal yang harus dipersiapkan sebelum olahraga, seperti memenuhi asupan karbohidrat, protein, dan lemak, kebutuhan cairan supaya tidak dehidrasi

Kita harus selalu memperhatikan waktu tidur. Karena, jika waktu tidur kurang, kinerja tubuh bisa menurun sehingga mudah lelah dan terlihat lesu. Diusahakan untuk tidur siang selama 20-30 menit untuk mempertahankan kondisi tubuh.

Beberapa Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Sedang Puasa
a. Jalan santai
b. Treadmill
c. Yoga
d. Squat
e. Bersepeda

Pos dibuat 448

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas