Yoga, Cara Mudah Cegah “Wabah” Obesitas

Fisinews.com-Seiring dengan berkembangnya zaman pada era modern seperti sekarang ini, manusia sangat dimudahkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari seperti contoh ketika kita ingin makan, namun didalam rumah tidak ada apa-apa untuk dimakan. Lalu dengan adanya smartphone yang kita punya dan didalamnya terdapat aplikasi seperti Gojek atau Grab, kita dapat memesan makanan tanpa harus keluar rumah dan nantinya makanan tersebut akan diantar sampai kerumah kita. Itu adalah salah satu contoh manfaat yang kita dapatkan.

Namun disisi lain, kita harus sadar bahwa terdapat pula hal negatif dari perkembangan zaman yang serba cepat dan memudahkan kita, yakni manusia menjadi malas. Malas merupakan kondisi ketika seseorang menghindari pekerjaan yang seharusnya dapat dikerjakan dengan potensi dan energi yang dimiliki. Contoh malas yang seringkali dijumpai dalam era modern seperti ini adalah ketika seseorang mempunyai nafsu makan yang tinggi, namun dia malas untuk mengimbanginya dengan melakukan aktivitas olahraga. Hal tersebut sangat berbahaya yang mana dapat menimbulkan dampak seperti obesitas atau kegemukan.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengatakan bahwa kasus obesitas di Tanah Air kian meningkat. Hal ini berdasarkan data dari Kemenkes yakni, 1 dari 3 orang dewasa Indonesia mengalami obesitas.

“Obesitas di Indonesia melonjak dengan mengkhawatirkan. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 juga menunjukkan bahwa tren masalah berat badan pada orang dewasa Indonesia telah mengalami peningkatan hampir dua kali lipat, dari 19,1 persen pada 2007 hingga 35,4 persen pada 2018. Kita harus benar-benar menekan tren peningkatan obesitas ini,” ujar dr. Cut Putri.

Kegemukan saat ini menjadi beban ekonomi ketiga terbesar bagi warga dunia. Beban pertama ialah perang dan kedua ialah rokok, klaim sebuah laporan tersebutdisusun oleh McKinsey Global Institute, bagian riset dari kelompok konsultan McKinsey.

“Kegemukan kini menjadi masalah dunia, dan mengharuskan adanya strategi intervensi yang komprehensif dalam skala luas,”kata Richard Dobbs.

Badan kesehatan dunia yakni World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa terdapat kurang lebih 2,8 juta kasus kematian terkait dengan kegemukan. Masalah kegemukan juga berkaitan erat dengan kencing manis tipe 2, kanker dan penyakit jantung. 

Di masa pandemi Covid-19 sekarang, kegemukansemakin mewabah dan makin merajalela karena banyak orang terpasung di dalam rumah. Pergerakan yang mereka lakukan menjadi lebih sedikit, lalu terjebak dalam lingkaran setan emotional eating alias makan sebagai pelampiasan emosi/ stres dan kecenderungan ‘mager’ (malas gerak).

Apa yang membuat Yoga dapat memungkinkan untuk mencegah obesitas?

Yoga membuat kesadaran (mindfulness) kita lebih baik. Di sini, kesadaran dalam melakukan kegiatan apapun termasuk makan sangat berpengaruh. Tak heran, berat badan relatif terkendali pada mereka yang beryoga rutin, demikian ungkap peneliti di Cancer Prevention Program, the Public Health Sciences Division, Hutchinson Center.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang makan dengan kesadaran penuh (yakni tau benar kenapa mereka makan dan berhenti makan sebelum kekenyangan) memiliki berat badan lebih rendah daripada yang makan sembarangan padahal tidak merasa lapar atau makan untuk menutupi keresahan dan depresi.

Yang unik, peneliti menemukan adanya kaitan erat antara latihan Yoga dan cara makan yang berkesadaran (mindful eating) tetapi tidak menemukan adanya kaitan antara terkendalinya berat badan dan jenis aktivitas fisik lain seperti jalan kaki dan lari.

Lalu, bagaimana cara melakukan olahraga Yoga dirumah ?

Dikarenakan adanya pandemi, maka kita tidak bisa keluar rumah dan pergi ketempat khusus olahraga yang didampingi instruktur Yoga. Namun jangan khawatir, kegiatan Yoga dapat dilakukan dirumah kok dengan melakukannya sendiri didalam ruangan yang seadanya namun bersih, lalu kita dapat menirukan gerakan Yoga dengan melihat video pada aplikasi Youtube yang ada di smartphone atau laptop. Disitu kita dapat melihat dan memilih berbagai macam video mengenai gerakan Yoga.

Bagi kamu yang sedang mengalami obesitas dan ingin menurunkan berat badan serta ingin memperbaiki pola makan yang lebih baik lagi, yuk lakukan Yoga secara rutin agar pikiran dan tubuh menjadi sehat. Semangat ya!

(Destya Fitri W / Anar Nalendra W)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*