Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil Masuk dalam Berbagai Survei Pilpres 2024

Fisinews.com | Beberapa kepala daerah seringkali masuk daftar tokoh paling berpeluang menjadi kandidat Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 mendatang di berbagai survei. Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Berdasarkan survei nasional Indonesia Political Opinion (IPO) pada Maret 2021, Anies di peringkat pertama dengan meraih dukungan sebesar 15,8% responden. Kemudian, Ganjar Pranowo di posisi kedua dengan 12,6%, lalu Ridwan Kamil di urutan keempat dengan 7,9%


Sementara itu, survei yang dilakukan Lembaga Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) pada 28 Februari sampai 8 Maret 2021, nama Ganjar di posisi teratas alias calon paling potensial di Pilpres 2024 dengan 20,8%. Kemudian disusul oleh Anies Baswedan dengan 15,7% sedangkan Ridwan Kamil di urutan keempat dengan 7,9%.
Selanjutnya, berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada Maret 2021, Anies Baswedan memperoleh angka tertinggi, yakni 15,2%. Di urutan kedua adalah Ganjar Pranowo dengan angka 13,7%. Ridwan Kamil berada di posisi ketiga dengan 10,2%.


Direktur Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara mengatakan, skenario Pilpres 2024 yang mungkin terjadi adalah kandidat presiden berlatarbelakang menteri di kabinet Jokowi saat ini nanti akan berhadapan dengan kandidat kuat yang berlatarbelakang kepala daerah, yaitu Anies Baswedan, Ridwan Kamil, atau Ganjar Pranowo yang rata-rata semuanya sekarang sering ditampilkan dan ditonjolkan oleh survei-survei.
Namun, menurut dia, sejumlah kepala daerah yang namanya terus dimunculkan tersebut sebenarnya tergolong lemah untuk menjadi Capres di 2024 karena bukan kader parpol atau bagian dari oligarki partai. Oleh karena itu, dia memprediksi para kepala daerah tersebut hanya akan menjadi pendamping alias Cawapres dari tokoh partai yang saat ini menjadi menteri di kabinet Jokowi.


(Hesti Uswatul Jannah/Elvira Shinta Amelia)


Sumber : Sindonews.com
https://nasional.sindonews.com/read/434274/12/anies-baswedan-ganjar-pranowo-ridwan-kamil-siapa-paling-kuat-maju-pilpres-2024-1621645538

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*