FOTO BEBERAPA MENTERI KABINET MAJU DENGAN ELON MUSK TUAI KONTROVERSI WARGANET, INI ANALISIS DARI PENGAMAT KOMUNIKASI POLITIK

Khalayak internet Indonesia baru-baru ini telah diramaikan dengan banyak unggahan foto beberapa menteri Kabinet Maju Presiden Joko Widodo dengan Elon Musk dalam acara World Water Forum (WWF) yang diselenggarakan di Bali. Acara tersebut berlangsung dari tanggal 18 hingga 24 Mei 2024.

Adapun menteri-menteri yang dimaksud dalam foto tersebut adalah Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Mendagri Tito Karnavian, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

WWF sendiri merupakan sebuah forum yang mempertemukan pemangku kepentingan berskala global yang terlibat ke dalam sektor sumber daya air yang telah ada sejak tahun 1997 dan diadakan setiap tiga tahun sekali.

Pertemuan internasional tersebut melibatkan para pemimpin politik, wiraswasta, akademisi, maupum masyarakat sipil. Saat ini, WWF telah menjalani pertemuan yang ke-10 dengan negara Indonesia sebagai tuan rumahnya.

Diketahui respon negatif dilontarkan oleh banyak pihak di media sosial terkait foto yang beredar. Diketahui, foto tersebut menampakkan Elon Musk yang duduk sendiri di depan sementara para menteri berdiri tepat di belakangnya.

Hal ini mengundang banyak pendapat warganet yang beranggapan bahwa foto tersebut menggambarkan ketidaksetaraan. Elon Musk sebagai white people dinilai lebih superior dibanding para menteri yang dinilai imperior. Bahkan lebih parahnya lagi, banyak bermunculan meme atau candaan terhadap citra para menteri tersebut yang mewakilkan masyarakat Indonesia sebagai bangsa dengan mental Inlander.

Mental Inlander sendiri didefinisikan sebagai sebuah sikap dari suatu bangsa yang menganggap bahwa apapun yang berasal dari luar negeri dianggap lebih maju, baik, dan bagus, sementara budaya dan nilai yang diterapkan dalam negerinya sendiri dianggap lebih bobrok, tidak bagus, dan tradisional.

Seorang pengamat komunikasi politik bernama Jamiluddin Ritonga dari Universitas Esa Unggul mengungkapkan pendapatnya tentang foto yang beredar tersebut bahwa keadaan itu bisa saja terjadi karana terdapat kesepakatan antara kedua belah pihak.

Dirinya berpendapat bahwa foto itu diambil sebagai bentuk menyambut dan menghormati tamu dari negara lain yang datang ke acara WWF, mengingat Indonesia menjadi tuan rumah. Bukan berarti mental para menteri tersebut sepeti Inlander.

Budie Arie Setiadi selaku Menteri Komunikasi dan Informatika merupakan salah menteri yang mengunggah foto tersebut. Ia menanggapi respon warganet dengan memberikan pernyataan bahwa dirinya mengagumi keberhasilan Elon Musk dalam bisnis-bisnisnya di ranah teknologi, sehingga sangat maklum apabila kedatangan Elon Musk disambut hangat dan sampai mengabadikan momen dengan salah satu orang kaya di dunia tersebut.

Kendati demikian, Jamiluddin cukup mewajari apabila terdapat banyak warganet di media sosial yang memiliki pendapat buruk atas foto itu, karena fenomena tersebut bagian dari perkembangan dalam perbedaan sudut pandang di kalangan masyarakat.

 

REPORTER : BAYU DETA

REDAKTUR : ALIFIA DEVISTA RAHARJO

Pos dibuat 448

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas