Penjagaan Ketat Aparat Saat Nyali Pemimpin KPK Disorot

Fisipnews.com | Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, dijaga ketat oleh TNI-Polri sejak Jumat 28 Mei 2021. Aparat TNI-Polri serta Satpol PP bersama-sama menjaga KPK di tengah polemik Novel Baswedan dkk ‘disingkirkan’ dari KPK setelah gagal dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menjadi seorang ASN. Jumat (28/5/2021) sekitar pukul 11.00 WIB, kendaraan lapis baja barracuda dan kawat berduri disiagakan di lokasi.

Jalanan depan Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, ditutup dua arah, sehingga kendaraan yang bebas melintas tidak dapat lagi melintas untuk sementara.

Juru Bicara KPK Ali Fikri, menjelaskan bahwa penjagaan ketat di KPK dalam rangka penjagaan keamanan obyek vital, di antaranya gedung KPK.

“Kabar dari pihak Polres benar akan ada unjuk rasa di depan gedung KPK. Ada juga dibantu pihak TNI karena pihak Polres memerlukan tambahan personel. Namun demikian, penjagaan ini dipastikan akan dilakukan dengan upaya persuasif kepada pihak-pihak jika terjadi potensi gangguan keamanan,” Kata Ali Fikri.

Memang akhir-akhir ini KPK sedang diterpa polemik soal TWK anggota KPK yang tidak lolos sebanyak 75 anggota dan dinonaktifkan.

Salah satu nama dari 75 orang yang dinonaktifkan ada nama penyidik senior KPK Novel Baswedan, dan ada beberapa anggota yang mungkin terjadi tidak bisa ‘diselamatkan’ sebanyak 51 orang.

Adanya penjagaan ketat di KPK, para pimpinan KPK saat ini sedang disorot oleh pendahulunya. Yaitu Bambang Widjojanto alias BW menilai nyali Firli Bahuri cs ‘ciut’ karena kebijakannya ‘singkirkan’ Novel Baswedan dkk banyak diprotes masyarakat.

BW menilai yang menegakkan kehormatan KPK adalah roh integritas dan profesionalitas tanpa batas. BW minta pimpinan KPK tidak lari dari polemik TWK KPK.

“Tunjukkan kan kelas kepimpinanmu. Publik mempertanyakan upaya pemberantasan, apakah sikap sok kuasa, angkuh, politicking dan dugaan terus-menerus meninggikan kedunguan akal sehat bisa memberantas korupsi?,” ujarnya.

(Puji Rahyuwiningsih/Elvira Shinta Amelia)

Sumber : Detik.com

https://news.detik.com/berita/d-5586246/saat-nyali-pimpinan-kpk-disorot-di-balik-markas-dijaga-ketat-aparat?tag_from=wpm_nhl_5l

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*