5 Aplikasi Mengaji Yang Dapat Digunakan Selama Bulan Suci Ramadhan 2022

Al-quran book. (freepik.com)

Fisinews.com – Dengan adanya kemajuan teknologi memungkinkan masyarakat untuk membaca Al-Qur’an kapan saja dan di mana saja dengan melihat layar ponsel mereka. Di bulan Ramadhan 2022, waktu luang bisa diisi dengan hal-hal yang positif salah satunya adalah membaca Al-Qur’an. Beragam aplikasi saat ini sudah tersedia untuk melengkapi amalan selama bulan puasa. Beberapa fiturnya antara lain arah kiblat, waktu sahur dan berbuka, waktu sholat, dan masih banyak lagi.

Berikut daftar aplikasi untuk mengaji di Android maupun iOS:

  1. Muslim Go

Selain menyajikan jadwal sholat, pengingat waktu berbuka, sahur, dan imsak, hingga kumpulan doa yang bisa dibaca setiap hari. Pengguna dapat membagikan ayat dalam aplikasi tersebut ke media sosial, bahkan bisa juga memberi catatan pada ayat yang telah dibaca. Pengguna dapat menggunakan aplikasi Muslim Go secara gratis, namun akan melihat iklan ketika membuka menu tertentu dan waktu tertentu. Fitur Islami lainnya yang disediakan oleh Muslim Go antara lain buku, musik, video, hingga komik.

  • Muslim Pro

Aplikasi ini hadir dengan berbagai fitur utama seperti membaca Al-Qur’an, kalender Hijriah, arah kiblat, waktu berbuka, zakat, tasbih, dan 99 sifat Allah (Asmaul Husna). Aplikasi Muslim Pro sering memberikan peringatan kepada penggunanya untuk membaca ayat Al-Qur’an setiap hari, di waktu tertentu. Hal ini dapat menjadi pengingat agar kamu tidak lupa mengaji.

  • Quran Best Indonesia

Dengan mengunduh aplikasi ini, pengguna akan langsung mendapatkan beberapa tutorial lengkap tentang cara menggunakan aplikasi. Quran Best Indonesia diklaim mirip dengan fisik Al-Qur’an aslinya. Dari tampilan awal, pengguna akan disuguhkan beberapa menu yang bisa dipilih. Menu itu yakni Al-Qur’an berbahasa Indonesia, Aksara Al- Qur’an yang dilengkapi dengan tajwid, arti per kata, tajwid per kata, Arti per ayat, dan disertai penunjuk waktu sholat.

Pada kolom fitur juga terdapat halaman Bookmark, yang isinya kumpulan ayat yang disesuaikan dengan segmentasi, seperti kutipan ayat rezeki dari Allah, larangan riba, tentang cinta, jodoh, hingga solusi hidup.

  • Panduan Muslim

Selain menyajikan 30 juz Al-Qur’an lengkap dengan terjemahan, arah kiblat dan waktu sholat, aplikasi ini juga dilengkapi dengan ringkasan cerita 25 Nabi, tasbih digital, panduan wudhu, bahkan kalkulator zakat. Tak hanya itu, Panduan Muslim juga dilengkapi dengan siaran radio yang khusus membahas tentang Islam serta kumpulan video kajian islam yang dapat ditonton secara online maupun offline.

  • Belajar Mengaji Al-Qur’an

Pengembang mengklaim bahwa aplikasi ini disusun secara sistematis mulai dari materi yang paling dasar hingga level yang lebih tinggi. Ada pula tampilan menarik agar menyenangkan bagi para anak. Aplikasi ini diharapkan banyak menaruh manfaat bagi umat muslim agar terus mengamalkan Al-Qur’an.

Di dalamnya juga ada pembelajaran mengaji Al-Qur’an meliputi huruf hijaiyah, iqra, vokal pendek ( Fathah, Kasrah, Dhammah ), tajwid dan tanwin, hafalan surat pendek dengan audio, dan terdapat 114 Surat Al-Qur’an mp3.

Itulah daftar 5 aplikasi mengaji yang dapat digunakan untuk menambah amalan saat bulan Ramadhan 2022, yang bisa diunduh langsung dari smartphone kamu. Semoga bermanfaat.

Reporter  : Husayn Ja’far Shadiq

Redaktur : Taufik Hidayat

Sumber   : cnnindonesia.com (https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220330112528-185-777859/7-aplikasi-mengaji-hp-android-dan-ios-selama-ramadan-2022/2)

Pos dibuat 448

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas