Case HP Tidak Hanya Untuk Accessories, Bisa Juga Untuk Merawat HP Agar Awet

Solo – Studi mengungkap masyarakat Indonesia rata–rata mengganti handphone 2 tahun sekali. Hal ini tentu saja menyebabkan jutaan ponsel tidak digunakan lagi. Banyak penyebab dari penggantian handphone yaitu kerusakan pada handphone yang digunakan. Hal tersebut menyulitkan pada penggunananya, karena mengingat di jaman sekarang HP merupakan barang yang sangat penting di setiap kegiatan masyarakat, bahkan untuk bekerja sekarang menggunakan ponsel.

Namun pengguna ponsel bisa meminimalisir resiko kerusakan ponsel dan membuat ponsel jadi tahan lama penggunaannya. Berikut tips agar ponsel yang digunakan bisa lebih awet:

 

Rawat baterai

Baterai ponsel sering kali menjadi permasalahan yang terjadi pada kerusakan ponsel. Maka dari itu hindari mengisi daya jika suhu ponsel sedang lebih dari 95 derajat karena dapat menurunkan daya baterai dengan cepat bahkan dapat menyebabkan kegagalan fungsi pada ponsel.

Jika menyimpan ponsel untuk sementara waktu, sebaiknya lakukan dengan daya baterai setengah, daripada penuh atau dengan keadaan kosong. Dengan begitu baterai dapat bertahan lebih lama.

 

Memakai casing

Pemakaian casing dapat membantu ponsel agar tetap awet, karena ponsel sangat butuh perlindungan. Jika membawa ponsel tanpa pelindung atau casing dapat meningkatkan resiko kerusakan ponsel yaitu seperti tergores, terjatuh, dan tergesek. Fungsi casing juga dapat memperindah ponsel.

 

Membersihkan rutin storage hp

Untuk membuat ponsel berjalan lebih cepat atau tidak lemot lakukan pengosongan penyimpanan pada ponsel. Hal ini bisa dilakukan otomatis dengan cara menghapus aplikasi yang tidak dipakai, menghapus pesan, atau riwayat telefon. Bisa juga melakukan secara manual dengan menghapus aplikasi apapun yang tidak digunakan.

Selanjutnya, pertimbangkan saat transfer file foto atau video yang disimpan secara lokal untuk disimpan dalam cloud, komputer atau perangkat cadangan lainnya. Sebab aturan yang baik dalam menjaga penyimpanan ponsel adalah kapasitas sekitar 80 persen.

 

Membersihkan semua lubang, layar, kamera, hingga bagian samping

Selanjutnya dengan membersihkan semua lubang pada ponsel seperti lubang charger, speaker, hingga earphone jack bagi ponsel yang masih mendukung penggunaan earphone kabel.

Serta membersihkan layar, kamera hingga bagian samping ponsel agar tetap bersih dan kualitas kamera tetap bagus dan terjaga.

Hindari terkena air dan debu

Selalu hindari ponsel terkena air dan debu. Karena dapat membuat perangkat ponsel menjadi rusak. Sedangkan debu yang terperangkap dalam perangkat ponsel dapat membuat kerja ponsel menjadi lebih ekstra.

 

Menggunakan handphone sesuai dengan spesifikasi software dan hardware

Hal ini penting saat merawat ponsel agar lebih awet yaitu dengan menggunakan ponsel sesuai dengan spesifikasi software dan hardwarenya, jadi jangan pernah memaksa penggunaan ponsel jika grafis atau dukungan software tidak memungkinkan.

Jika ingin tetap menggunakan aplikasi yang menguras kinerja ponsel,pengguna dapat mengatur pengaturan pada aplikasi berupa frame rate dan grafis pada mode aman. Misal pada mode minimal atau medium.

 

Restart ponsel setidaknya seminggu kali dan update software secara berkala

Meski ponsel dalam keadaan yang baik, melakukan restart ponsel juga dapat membantu ponsel menjadi awet. Dengan melalukan hal ini, ponsel dapat bekerja dengan maksimal karena telah melalui proses restart secara rutin untuk ponsel menjadi awet.

Selain merestart ponsel, pengguna ponsel dapat memperhatikan software untuk update maupun application update rutin. Menggunakan software terupdate dapat meringankan penggunaan pada perangkat ponsel karena masalah pada versi sebelumnya telah di perbarui.

Alasan penting dalam menjaga ponsel yaitu karena aliran limbah elektronik bertambah setiap tahunnya dan cukup berdampak bagi kesehatan manusia bahkan bumi. Beberapa perusahaan menawarkan kesepakatan tukar tambah yang lebih baik, namun beberapa proses daur ulang barang elektronik masih memiliki banyak kekurangan.

Maka dari itu, penggunaan pada satu perangkat ponsel jauh lebih baik dibandingkan dengan mengganti-ganti ponsel. Ini juga merupakan cara yang paling efisien untuk mengurangi dampak ponsel terhadap lingkungan dan bisa menghemat uang karena untuk pembelian ponsel yang berulang–ulang. Meskipun setiap tahun perusahaan ponsel percaya bahwa peningkatan versi di tiap tahunnya sangat penting, namun perlu diperhatikan lagi bahwa ponsel generasi baru seringkali memiliki kemiripan model seperti tahun sebelumnya.

 

 

Reporter  : Sasa Ovilia

Redaktur  : Endra Aji Saputra

Pos dibuat 448

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas