Memahami Lebih Jauh Apa Itu Vitual Reality Technology, Yuk Simak !

Surakarta, fisinews.com – Seiring berkembangnya jaman, perkembangan teknologipun turut mengalami kemajuan yang sangat pesat, hal ini dibuktikan dengan banyaknya inovasi dan penemuan dibidang teknologi baik yang sederhana hingga sangat rumit. Di era modern ini, dimana semua aspek kehidupan tak bisa lepas dari keberadaan dan ketergantungan pada teknologi, membuat  perkembangan teknologi menjadi sedemikian pesatnya.

Salah satu alasannya disebabkan karena permintaan masyarakat akan alat elektronik yang lebih canggih, cepat dan lengkap dari sebelumnya sehingga memudahkan dalam menjalankan aktifitas. Berbagai penemuan dan perkembangan teknologi yang tidak pernah terbayangkan oleh generasi sebelumnya kini terwujud di depan mata. Hingga terciptlah teknologi terbaru yang kini sangat diminati masyarakat khususnya dikalangan para “gamers” yaitu Virtual Reality (VR).

Virtual Reality (VR) atau Realitas Dunia Maya adalah teknologi yang memungkinkan penggunanya dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan 3 dimensi yang di simulasikan komputer terhadap suatu objek nyata atau imajinasi, sehingga membuat para penggunanya seolah-olah terlibat secara langsung pada lingkungan tersebut. Virtual Reality biasanya membutuhkan peralatan-peralatan khusus, seperti layar komputer (screen) untuk menampilkan lingkungan, pengeras suara (speaker) untuk menerima informasi pendengaran, pelacak (tracker) untuk memonitor gerakan kepada user, sarung tangan (glove) untuk menangkap dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem, alat bantu jalan (walker) untuk memantau gerakan kaki, dan lain lain.

Kelebihan utama dari Virtual Reality adalah kemampuannya dalam membuat seseorang seperti berada di dalam dunia yang sedang disajikan seperti semua tampak nyata. Teknologi ini tidak hanya diterapkan dalam dunia game saja namun, seiring dengan kemajuan teknologi, Virtual Reality sudah diterapkan untuk keperluan pelatihan, contohnya praktek dokter, menerbangkan pesawat, dan lain-lain. Calon dokter dapat berlatih melalui Virtual Reality dengan cara memainkan VR operasi pasien.

Begitu juga dengan calon pilot, ia dapat memainkan VR penerbangan pesawat. Kedua contoh tersebut dapat menjadi bukti nyata bahwa Virtual Reality dapat membantu seseorang untuk menambah ketrampilan serta pengetahuannya, tanpa harus melakukan hal tersebut secara langsung. Teknologi Virtual Reality diharapkan dapat menjadi cikal bakal perkembangan teknologi dalam membantu proses pembelajaran, berupa media pembelajaran yang inovatif dan kekinian dan dapat mengatasi masalah dalam pembelajaran saat ini.

(Laeliya Dewi Wahyuning Tyas/Elvira Shinta Amelia)

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_virtual

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*