Pentingnya Teknologi Ramah Lingkungan untuk Keseimbangan Ekosistem Alam

Fisipnews.com | Teknologi ramah lingkungan adalah teknologi yang dibuat dengan tujuan sebagai alat atau sumber daya yang memang membuat lingkungan menjadi tetap asri, tetap hijau, lestari dan tentunya aman digunakan. Bahan yang digunakan dalam proses pembuatan teknologi ramah lingkungan juga terbuat dari bahan yang baik dan tidak merusak lingkungan sekitar. Tentunya dalam proses pembuatan teknologi ramah lingkungan ini juga harus memperhatikan standarisasi atau prosedur yang telah tercantum dalam peraturan-peraturan pemerintah.

Beberapa contoh hasil penerapan teknologi ramah lingkungan antara lain :

  1. Mobil tenaga surya
  2. Mobil tenaga listrik
  3. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir, Air dan Angin
  4. Briket, bahan untuk membantu proses memasak
  5. Bahan memasak dari hewan yang di proses

Manfaat lebih menggunakan Teknologi Ramah Lingkungan

  1. Mengatasi banyaknya jumlah atau hasil dari limbah

Meminimalkan limbah sehingga mencegah pencemaran lingkungan

  • Teknologi ramah lingkungan adalah teknologi yang efektif dan efisien

Teknologi ramah lingkungan memiliki tingkat efisien dan efektif yang sangat tinggi dalam membantu aktivitas pekerjaan manusia. Penerapan teknologi ramah lingkungan ini memudahkan pengguna melakukan aktivitas pekerjaan dan dapat menghemat pengeluaran serta tidak membuat alam menjadi rusak.

  • Hemat

teknologi ramah lingkungan dapat menghemat biaya berlebihan ketika menggunakan atau menerapkan teknologi ramah lingkungan.

  • Mengurangi kerusakan yang akan timbul di alam

Seiring berkembangnya jaman, semua serba modern, serba fleksibel, serba cepat dan serba mudah. Kebanyakan teknologi yang digunakan sudah dapat menyesuaikan dengan kebutuhan yang sesuai dengan hal tersebut, tetapi dampak penggunaan teknologi tersebut cenderung dapat merusak atau mempengaruhi ekosistem alam.

Hal ini dikarenakan bahan baku maupun cara dalam mengelolanya kurang baik, dan bahkan menimbulkan kerusakan pada alam. Biasanya bahan atau komponen yang digunakan untuk membuat teknologi tersebut adalah bahan kimia yang tidak ramah lingkungan atau bahkan membuat alam menjadi rusak dan tidak akan kembali.

  • Memperkecil kemungkinkan menurunnya kesehatan SDM

Teknologi modern biasanya kurang memperhatikan dan mempertimbangkan kesehatan manusia yang bekerja atau menggunakan alat dan bahan tersebut dalam kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, muncullah inovasi-inovasi menciptakan teknologi ramah lingkungan  yang lebih memperhatikan tingkat kesehatan orang yang memanfaatkan dan menggunakannya. Karena bahan atau komponen yang digunakan adalah bahan yang benar – benar dari alam, dan tidak merusak keseimbangan ekosistem alam.

(Tyas/Elvira)

Sumber : https://www.kompas.com/skola/read/2020/02/27/120000169/teknologi-ramah-lingkungan-contoh-dan-fungsinya?page=all

https://www.kompas.com/skola/read/2020/02/27/120000169/teknologi-ramah-lingkungan-contoh-dan-fungsinya?page=all

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*