Sejauh Mana sih, Perkembangan StartUp di Indonesia ?

Fisinews.com | Eksistensi Perusahaan Startup belakangan ini sedang ramai menjadi topik pembicaraan disosial media. Selama satu dekade terakhir, bisnis rintisan ini mulai berkembang pesat di Indonesia. Startup adalah perusahaan yang baru saja didirikan dan berada dalam fase pengembangan serta penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Perkembangan perusahaan startup diIndonesia ini didorong oleh banyak faktor, salah satu faktor yang mempengaruhi adalah teknologi. Teknologi yang digunakan salah satu nya adalah sosial media, perusahaan startup mengemasnya dalam bentuk aplikasi yang dapat diakses masyarakat secara umum, Aplikasi yang dapat digunakan dengan mudah dan dirancang secara menarik dan praktis seperti Go-Jek, Grab, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada dan masih banyak lagi. Perusahaan Startup ini menggunakan sosial media sebagai sarana untuk mengembangkan dan memperkenalkan kepada masyarakat luas apa yang ada didalam aplikasi yang dibuatnya tersebut. Hal tersebut juga digunakan sebagai sarana pemasaran (digital marketing) bagi perusahaan-perusahaan tersebut.
​Pengemasan sosial media pada platform perusahaan Startup dikemas semenarik mungkin dengan tujuan mempersuasi masyarakat menjadi kecanduan untuk sekedar menggunakan, melakukan transaksi jual-beli atau hanya mengakses hal-hal yang disediakan oleh aplikasi tersebut. Sebagai contoh, masyarakat Indonesia sekarang lebih sering menggunakan aplikasi Shopee salah satu perusahaan Startup untuk berbelanja secara online, bukan hanya berbelanja saja, aplikasi Shopee ini juga dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan pembelian token listrik, pulsa, maupun tiket. Perusahaan StartUp lainnya adalah Go-jek dan Grab, kedua aplikasi yang hampir serupa tersebut sudah tidak asing dalam masyarakat bahkan disemua kalangan, aplikasi tersebut sngat membantu untuk mengantar barang, menjemput dan mengantar pengguna ke tempat tujuan, mengantarkan makanan serta juga dapat membuka peluang usaha bagi masyarakat yang memiliki usaha kuliner agar usahanya dapat dikenal luas melalui aplikasi tersebut. Keefisienan ini tentunya didukung dengan kecanggihan teknologi yang berkembang pesat sehingga mampu mempermudah aktifitas menjadi lebih praktis dan mudah karena dapat dilakukan secara online (melalui smartphone atau aplikasi). Aplikasi yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan tersebut menggunakan fitur-fitur dikemas secara simple, pengoperasiannya tidak terlalu rumit, icon yang menarik juga turut mempercantik tampilan dalam aplikasi tersebut. Pemasarannya perusahaan StartUp pun tergolong luaa melalui media seperti televisi dan sosial media seperti instagram, facebook, maupun twitter. Dengan kemajuan teknologi dalam bentuk sosial media yang diolah oleh perusahaan Startup ini dapat lebih memajukan pola pikir masyarakat terhadap teknologi bahkan mampu menambah pemasukan negara, serta dapat membuka lapangan pekerjaan bagi seluruh kalangan masyarakat. Kawula muda juga harus mulai giat untuk bisa berinovasi melalui teknologi yang mulai merangkak keatas ini, dengan penggunaan teknologi secara positif dan dikelola dengan baik, maka akan tercipta manfaat bagi pembuat serta pengguna.

(Kezia Sarfat/Elvira Shinta Amelia)

Sumber : okezone.com

https://economy.okezone.com/read/2017/03/27/320/1651888/nih-daftar-10-perusahaan-startup-terbesar-di-dunia (link gambar)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*