Tak Disangka – Sangka Inilah Faktor Utama Kemajuan Teknologi, di Era Sekarang Ini !

Surakarta, fisinews.com – Pernah tidak kamu membayangkan, bagaimana jadinya dunia tanpa teknologi? Nah, berbagai teknologi canggih yang kamu gunakan saat ini ternyata telah mengalami serangkaian perkembangan lho. Di Negara berkembang seperti Indonesia, turut merasakan dampak dari kemajuan teknologi. Seperti apa sih perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Indonesia? Yuk, simak !

Sebelum lebih jauh, ada baiknya jika kamu memahami dulu pengertian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Sesuai namanya, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dapat dikatakan sebagai segala hal yang berhubungan dengan teknologi, baik itu penemuan terbaru yang bersangkutan dengan teknologi ataupun perkembangan di bidang teknologi itu sendiri.

Adapun beberapa perkembangan IPTEK di Indonesia :

1. Satelit

Di antara kamu tentu sudah tahu kan kalau Indonesia punya satelit? Satelit milik Indonesia dinamakan Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) Palapa. Satelit ini dibangun melalui sistem komunikasi yang dikendalikan Indonesia sejak tahun 1974 dan selesai pada tahun 1976.

2. Telepon Seluler

Jauh sebelum smartphone yang kamu miliki sekarang, teknologi telepon seluler sudah dikenal Indonesia sejak tahun 1990-an lho. Saat itu, penggunaan teknologi telepon seluler memang masih sederhana, yaitu hanya sebatas untuk melakukan dan menerima panggilan, hingga mengirim pesan singkat / Short Message Service (SMS)

3. Televisi

Jauh sebelum ditemukannya YouTube, televisi menjadi media penyampai informasi yang sangat digemari di Indonesia. Perkembangan teknologi siaran televisi bermula dari ditemukannya alat teleskop elektronik oleh seorang mahasiswa dari Berlin yang bernama Paul Nipkow yang menggunakan alat  tersebut untuk mengirim gambar tanpa kabel dari satu tempat ke tempat lainnya pada tahun 1884.

Di Indonesia, televisi diperkenalkan tahun 1962 dengan siaran televisi Republik Indonesia (TVRI)  yang kemudian mengalami perkembangan yang sangat signifikan dengan munculnya beberapa televisi swasta yakni, RCTI, SCTV, ANTV.

4. Komputer dan Internet

Pada tahun 1990-an, perkembangan IPTEK di Indonesia ditandai dengan diperkenalkannya sistem teknologi informasi berupa jaringan internet. Internet memanfaatkan jaringan berbagai komputer yang terhubung secara langsung (online). Jaringan internet dapat digunakan untuk mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat  di bidang bisnis, telekomunikasi dan pendidikan.

Perkembangan IPTEK di berbagai bidang diatas tentunya membawa dampak bagi perubahan kehidupan manusia baik dampak positif maupun dampak negatif

Adapun dampak positif perkembangan IPTEK adalah :

  1. Memberikan berbagai kemudahan.
  2. Mempercepat dan mempermudah proses informasi dan distribusi dalam kegiatan ekonomi.
  3. Menambah efektifitas dan efisiensi dalam interaksi sosial masyarakat.
  4. Peningkatan di bidang produksi.
  5. Menambah pengetahuan dan wawasan.
  6. Perusahaan atau industri dapat menjual produknya lebih luas lagi.
  7. Bersaingnya harga barang di pasar global.
  8. Meningkatkan kualitas pendidikan.

Sedangkan beberapa contoh Dampak Negatif  Perkembangan IPTEK adalah:

  1. Munculnya kejahatan baru khususnya cyber crime.
  2. Berkembangnya sifat konsumtif.
  3. Hilangnya budaya tradisional.
  4. Menumbuhkan kecenderungan sikap anti-sosial.
  5. Munculnya hoax atau berita bohong dan disinformasi.

Itulah seputar informasi teknologi canggih di era sekarang ini, sedikit banyak mampu menambah wawasan para pembaca. Semoga bermanfaat yaa

Muhammad Daffa Wardhana/Elvira Shinta Amelia

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*