Telkomsel Resmi Gelar Jaringan 5G Pertama di Indonesia, Solo Termasuk Daerah Jangkauannya!

Fisipnews.com | Operator seluler terbesar di Indonesia,Telkomsel resmi menggelar layanan 5G secara komersil di Indonesia pada hari Kamis (27/5/2021). 

Acara peresmian tersebut digelar dengan takjub  “Unlock the Future” yang dimana dihelatkan di Telkomsel Smart Office, Telkom Hub, Jakarta. Dengan demikian, Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang mengkomersialisasikan jaringan 5G Indonesia.
Dalam menggelar 5G, Telkomsel menggunakan pita frekuensi 2.300 MHz untuk data plane dan pita frekuensi 1.800 MHz untuk control plane. Telkomsel sendiri mengklaim bahwa, layanan 5G jauh lebih mumpuni dibanding 4G. Dari segi kecepatan, misalnya, kecepatan download 5G bisa mencapai 20 Gbps, atau 20 kali lipat lebih cepat dibanding 4G yang mentok di 1 Gbps


Dan di jelaskan juga bahwa,5G diklaim memiliki latency 1 ms (10 kali lebih rendah dari 4G) dan mampu menampung sekitar 1 juta perangkat dalam radius 1 km2, lebih banyak 10 kali lipat dari teknologi 4G.
Dari segi konsumen, berbeda dengan peralihan dari 3G ke 4G yang mengharuskan pengguna ganti kartu, Telkomsel menyebut pengguna di 6 titik tadi tidak perlu mengganti kartu SIM mereka untuk menikmati 5G. Hanya saja, jenis kartu SIM yang diperlukan memang harus berjenis 4G alias USIM, sehingga pengguna yang kartu SIM-nya masih 3G harus beralih ke 4G.

Saat ini hanya wilayah JABODETABEK saja yang bisa mengakses jaringan 5G,tetapi Telkomsel sendiri,sudah menjadwalkan beberapa Kota dan wilayah untuk segera mengakses 5G,namun jadwal nya sendiri belum terungkap nih.

Gak usah sedih, kamu bisa mencoba internet 5G di hotspot yang terletak di gerai-gerai Grapari Telkomsel, sebagai berikut:
– Grapari GTG Medan, Sumatera Utara
– Grapari Batam Centre, Kepri
– Grapari Terminal 3 Soekarno Hatta, DKI Jakarta
– Grapari Solo, Jawa Tengah
– Grapari Pemuda Surabaya, Jawa Timur
– Grapari Renon Denpasar, Bali
– Grapari Balikpapan, Kalimantan Timur
– Grapari Pettarani Makassar, Sulawesi Selatan

(Muhammad Trisna Novendra/Elvira Shinta Amelia)

Sumber : Kompas.com https://tekno.kompas.com/read/2021/05/27/16464437/telkomsel-resmi-gelar-jaringan-5g-pertama-di-indonesia-ini-daerah-yang-kebagian?page=all

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*