Ramalan Kenaikan PPN

Fisinews.com – PPN (Pajak Pertambahan Nilai) yang dikenakan pada setiap transaksi jual beli barang atau jasa yang dilakukan oleh pribadi maupun badan usaha yang berstatus Pengusaha Kena Pajak berpotensi akan mengalami kenaikan.

Dikutip dari CNN Indonesia – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengungkapkan pemerintah tengah membahas rencana kenaikan tariff pajak pernambahan nilai (PPN).

“Terkait tariff PPN pemerintah masih melakukan pembahasan dan ini dikaitkan dengan pembahasan undang-undang yang akan diajukan DPR yaitu Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang ketentuan Umum dan Tata Cara perpajakan (KUP)”, kata Airlangga dalam konferensi pers, Rabu 5 mei.

Pada Musrenbangnas 2021 dalam memaparkan materi Menteri keuangan Sri Mulyani juga sempat menyinggung terkait rencana pemerintah untuk menaikan tarif PPN dan beberapa aturan yang akan ada didalamnya.

Selain pembahasan mengenai kenaikan tarif PPN, pemerintah juga berencana memberikan insentif  pajak untuk pelaku usaha di sektor ritel berupa bentuk pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak penghasilan (PPh) yang bertujuan guna mendorong konsumsi masyarakat. “Terkait fasilitas untuk sector ritel ini masih dalam pembahasan, yang dibahas adalah terkait komponen PPN dan PPh untuk sewa”, kata Airlangga.

Sumber:https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210506070204-532-639206/tarif-ppn-berpotensi-naik-aturan-masih-dibahas

(Mukti/Alal)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*