Komisi 1 DPR Pertanyakan Soal Dugaan Mafia Alutsista di Raker Menhan-Panglima

Surakarta, fisinews.com â€“ Komisi I DPR berencana memanggil Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan masing-masing kepala staf tiga matra untuk rapat dengar pendapat. Rapat tersebut membahas tentang alat utama sistem pertahanan (alutsista). Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Golkar, Christina Aryani mengatakan akan ada banyak hal yang dibahas seputar alutsista, apalagi seiring peristiwa tenggelamnya KRI Nanggala-402.

Menurutnya, rapat sekaligus membahas mengenai dugaan adanya keterlibatan mafia alutista berinisial “M”. Meski diakui Christina dirinya belum pernah mendengar perihal sosok mafia tersebut, besar kemungkinan hal itu juga akan menjadi pokok bahasna dalam RDP ke depan. Nama mister M yang disebut sebagai mafia alustista TNI itu muncul bersamaan dengan tragedy tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 di perairan utara Bali. Dalam insiden itu 53 kru kapal selam dinyatakan gugur.

Pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie sebelumnya mengungkapkan ada mafia dalam pengadaan alat utama system pertahanan (alutsista) TNI. Keberadaan mafia itu pula yang menambah persoalan system pertahanan Indonesia. Awalnya, Connie haya bercerita tentang kerja sama antara Korea Selatan dengan Indonesia terkait pembuatan pesawat tempur. Kerja sama itu berbalut Korean Fighter Xperiment (KFX) dan Indonesia Fighter Xperiment (IFX). Namun belakangan ini diketahui KFX-IFX terancam gagal.

Dari pernyataannya, Connie sudah tidak terlalu kaget apabila Kerjasama itu menemui jalan buntu. Pasalnya sejak awal ia mengaku sudah menentang proyek itu dikarenakan bagaimana mungkin membangun sebuah kerja sama pesawat tempur yang baru selesai 18 tahun kemudian? Apalagi Indonesia hanya memiliki hak 20 persen atas teknologi dan kerja sama Korsel. Hal itu yang membuat Connie menentang. Ia juga berpendapat bahwa kerja sama itu hanya akan membuat Indonesia lebih merugi. Namun jika diteruskan hingga selesai, tidak menutup kemungkinan Indonesia lebih merugi.

Karena itu Connie mengusulkan agar ada audit terhadap proyek KFX-IFX, dimulai dari siapa sebenarnya yang memutuskan kerja sama antar dua negara itu. Connie juga mengatakan apabila memang Indonesia ingin benar-benar membereskan alutsista demi kepentingan bangsa terutama system pertahanan TNI, sekalgius menyesuaikan dengan peta jalan, maka mafia-mafia itu sudah seharusnya disingkirkan.

(Muhammad Aldi Sunan/Elvira Shinta Amelia)

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210427061639-32-635107/komisi-i-dpr-dorong-ungkap-mafia-bisnis-alutsista-mister-m

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*