Cara merawat wajah pria agar selalu sehat

Kulit wajah merupakan area yang cukup sensitif daripada kulit lainnya. Wajah mudah terpapar debu dan iritan sehingga kulit mudah kusam dan teriritasi. Namun ada perbedaan antara kulit wajah wanita dan juga pria loh! Nah, berikut ini adalah langkah-langkah khusus untuk menjaga kesehatan kulit wajah pria.

1.    Ketahui jenis kulit

Ada beberapa jenis kulit yang perlu Anda ketahui.

•Kulit sensitif yang rentan mengalami kemerahan dan perih setelah menggunakan produk yang berisiko mengiritasi kulit.

•Kulit normal yang secara umum cukup lembab dan terhidrasi dengan baik.

•Kulit kering ditandai dengan tekstur kulit bersisik, kasar, dan kurang terhidrasi.

•Kulit berminyak ditandai dengan pori-pori yang besar dan wajah berkilau.

•Kulit kombinasi yang menjadi paduan kulit berminyak dan kering pada area tertentu

2.    Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit

Produk skincare yang wajib pria miliki, meliputi sabun cuci muka, pelembap, dan tabir surya. Ketiganya mampu membersihkan, melembapkan, dan melindungi kulit Anda.

Jika kulit Anda berminyak dan berjerawat, pilihlah produk skincare berbasis asam, seperti asam glikolat atau asam salisilat yang membantu proses pemulihan jerawat.

Sementara itu, usahakan untuk menghindari produk yang mengandung alkohol bila Anda memiliki kulit kering dan sensitif. Alkohol bisa memicu iritasi kulit.

Untuk Anda yang berkulit sensitif, hindari juga produk yang mengandung pewangi, pewarna, dan pilih yang berlabel hypoallergenic (berisiko kecil memicu reaksi alergi).

3.    Cuci wajah secara rutin

Para ahli merekomendasikan pria untuk mencuci wajah dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari.

Lakukan hal ini secara konsisten di pagi hari untuk membersihkan kotoran yang menempel selama tidur dan malam hari setelah Anda seharian beraktivitas.

4.    Gunakan pelembap

Produk skin care untuk melembapkan kulit, seperti toner dan moisturizer, tetap pria butuhkan untuk merawat wajah agar kelembapan kulit senantiasa terjaga.

Toner dapat Anda gunakan sehabis mencuci wajah. Umumnya, ada dua macam toner yakni hydrating toner (toner pelembap) dan exfoliating toner (toner eksfoliasi)

Jika Anda memiliki kulit yang kering, pilihan hydrating toner yang mampu meningkatkan dan mengikat kelembapan kulit wajah.

Sebaliknya, Anda bisa memilih exfoliating toner bila memiliki kulit berminyak dan berjerawat.

Toner eksfoliasi dapat membantu membersihkan sel kulit mati dan sisa kotoran yang masih menempel di wajah.

Setelah itu, barulah Anda bisa mengoleskan moisturizer atau produk pelembap wajah.

5.    Pakai tabir surya/Sunscreen

Melindungi wajah dengan sunscreen sangatlah penting. Jika melewati langkah yang satu ini, cara merawat kulit pria sebelumnya menjadi sia-sia. Pasalnya, sinar matahari yang terdiri dari sinar UVA dan UVB bisa berbahaya bagi kulit. Sinar UVA dapat menyebabkan kerutan dan bintik-bintik penuaan, sedangkan sinar UVB bisa menyebabkan kulit terbakar. Produk tabir surya yang baik umumnya menawarkan perlindungan dari sinar UVA dan UVB, memiliki SPF 30 atau lebih, serta tahan air. Anda perlu mengoleskan tabir surya secara merata ke bagian kulit yang terpapar sinar matahari. Ulangi setiap dua jam sekali atau ikuti petunjuk pada label produk.

6.    Bercukur dengan benar

Bagi sebagian pria dengan kumis dan jenggot, Anda tentu perlu menjaga kebersihan wajah dengan melakukan teknik mencukur yang benar.

Anda lebih baik bercukur setelah melakukan tahap awal perawatan wajah pria, yakni membersihkan wajah guna melembutkan rambut dan kulit.

Persiapkan pisau cukur dengan satu atau dua mata pisau sesuai kebutuhan Anda. Kemudian, oleskan krim cukur pada kumis dan jenggot, lalu cukur searah pertumbuhan rambut.

Cukur secara perlahan dan hindari memberikan tekanan berlebihan karena berisiko menyayat kulit. Bilas pisau cukur dengan air setelah melakukan setiap gesekan.

Anda perlu mengganti pisau cukur setelah 5–7 kali bercukur untuk menghindari luka dan iritasi kulit

7.    Konsultasi ke dokter

Tidak semua pria bisa mengikuti perawatan wajah yang sama, apalagi jika memiliki masalah kulit tertentu seperti eksim atau dermatitis kontak.

Untuk itu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kulit. sehingga bisa mengetahui cara merawat kulit wajah pria yang sesuai.

Anda juga bisa berkonsultasi bil kesulitan menentukan jenis kulit, memilih produk skincare, atau ingin melakukan perawatan medis khusus untuk kulit.

Kunci dalam perawatan wajah pria adalah kedisiplinan. Jika rajin membersihkan wajah, risiko munculnya jerawat atau komedo tentu akan berkurang.

Selain tips-tips di atas, Anda perlu melakukan perubahan gaya hidup untuk menjaga kesehatan kulit. Konsumsilah makanan sehat, tidur cukup, hindari stres, berhenti merokok, dan batasi minuman beralkohol.

Pos dibuat 372

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas