Bayar Tol Tanpa Sentuh Dengan Aplikasi Smartphone

Pengendara melintas memasuki gerbang tol transaksi non tunai di pintu masuk tol ruas Tangerang, Banten, Rabu (17/7/2019). Pembayaran tarif tol nantinya akan menggunakan Radio Frequency Identification (RFID) berupa aplikasi FLO yang tertempel pada kendaraan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Surakarta, FisiNews.com — Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan akan menjalankan sistem bayar tol tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di akhir 2022.

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit menjelaskan, nantinya seluruh gerbang tol di Indonesia akan menerapkan transaksi tanpa henti dengan teknologi Multi Lane free Flow.

Teknologi yang diterapkan pada MLFF yaitu menggunakan Global Navigation Satelit System (GNSS) yang  merupakan sistem yang dapat melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit.

Nantinya, perangkat yang akan digunakan pada transaksi nirsentuh MLFF adalah Electronic On-Board Unit atau dikenal dengan E-OBU dan perangkat Electronic Route Ticket dimana pengguna dapat memilih titik masuk dan keluar sesuai rute perjalanan sekali pakai.

“Dengan sistem tersebut, pengguna jalan tol akan lebih nyaman dalam melakukan perjalanan melalui efisiensi biaya operasi dan juga meminimalisir bahan bakar kendaraan. Karena saat ini efisiensi tersebut sudah menjadi kepentingan global berupa energi, waktu, dan emisi karbon.

Dari kajian awal yang dilakukan sesuai dengan penerapan teknologi MLFF yakni sangat perlu, karena dapat memberikan dampak signifikan karena bisa memberikan penurunan efisiensi bahan bakar dan emisi,” ujar Danang.

Danang juga mengatakan, Pemerintah berharap nantinya operator tol bisa memulai proses implementasi akhir tahun ini. Pemberlakuan penuh MLFF akan dilaksanakan pada tahun 2023 atau 2024 dan bergantung pada hasil uji coba MLFF di bulan Desember mendatang.

“Tidak semuanya langsung berubah. Semuanya akan dilakukan bertahap sesuai kemampuan dalam mengadaptasi teknologi baru dimana sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik,” tuturnya.

Selain itu, penerapan transaksi nirsentuh MLFF bermanfaat sangat besar karena bisa menghilangkan waktu antrean menjadi nol detik. Sebelumnya, dengan penggunaan uang elektronik (e-Toll) juga telah mengurangi waktu transaksi menjadi maksimal 5 detik.

Penulis  : Adhelina Agnestasya

Redaktur: Sheila Kusuma Wanni

Sumber : Liputan 6 Link          : https://m.liputan6.com/bisnis/read/4970168/teknologi-bayar-tol-tanpa-sentuh-bakal-terkoneksi-aplikasi-smartphone

Pos dibuat 443

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas