SOSIALISASI ANTI HOAX,BAD NEWS

Fisinews.com – Sosialisasi ini dilakukan untuk menjalankan program kerja oleh mahasiswa KKN UNISRI kelompok 61 atas nama Alfaressa Bayu Sukma pradana dari program studi Ilmu Komunikasi. Sosialisasi ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan di harapkan memiliki dampak langsung yang dapat dirasakan dan diimplementasikan di masyarakat sesuai dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh saya. Sosialisasi ini diselenggarakan pada hari Senin tanggal 8 Agustus 2022 di balai desa potronayan. Sasaran dari sosialisasi ini yaitu Ibu-Ibu PKK Desa Potronayan, Kecamatan Nogosari, Boyolali.
Sosialisasi kewaspadaan terhadap berita hoax ini diadakan dalam memberikan petunjuk tentang kebenaran dan bagaimana mengetahui berita palsu. Karena kita tahu berita hoax semakin merajarela hingga meresahkan masyarakat, untuk itu kita perlu menyikapinya dengan menyimak secara seksama berita tersebut dan jangan gegabah meng-share berita.
Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tidak sedikit orang yang memanfaatkan teknologi dengan tidak bijak. Salah satunya adalah pemanfaatan media sosial. Sebagai contoh, penyebaran berita bohong atau kita kenal dengan istilah hoax melalui media sosial seperti Whatsapp, Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya.
Maraknya penyebaran berita hoax melalui internet banyak dilakukan oknum tidak bertanggung jawab agar masyarakat percaya tentang berita tersebut sehingga diharapkan masyarakat menyebarkan berita ini. Berita hoax biasanya identik dengan berita yang membuat panik masyarakat, Beberapa pembuat berita hoax terkadang menggunakan subdomain gratis seperti blogspot.com atau wordpress.com.
Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini kita harus bijak dalam menggunakan media sosial dan keamanan informasi. untuk itu marilah secara teliti kita mengubah pola pikir yang positif agar bisa menyaring mana berita hoax dan mana tayang.

Pos dibuat 443

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas