Dikaitkan Dapat Meningkatkan Kesehatan Tubuh, Apa Itu Gaya Hidup Vegetarian ?

Tanggal Berita : 19 Maret 2021 | 00:32 WIB

Fisinews.com . Berbagai upaya menjaga kesehatan tubuh sebaiknya dilakukan setiap harinya. Hal ini dapat membuat kondisi kita senantiasa prima dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan terhindar dari berbagai penyakit yang menghantui. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak peduli atau tidak menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik. Beberapa orang bahkan melakukan pola hidup yang tidak sehat sehingga berdampak negatif terhadap kesehatannya. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh? Menerapkan berbagai cara menjaga kesehatan tubuh sebetulnya tidaklah sulit, asalkan kamu memiliki kemauan yang kuat untuk melakukannya secara konsisten. Salah satunya dengan menerapkan gaya hidup vegetarian. Memangnya apa sih gaya hidup vegetarian itu ? Mari kita simak penjelasannya !

Apa itu Vegetarian ?

Istilah vegetarian secara umum berarti adalah orang-orang yang tidak mengkonsumsi produk dari hewan, baik hewan darat maupun air. Kebanyakan vegetarian tetap mengkonsumsi telur, produk susu, dan produk olahan susu. Namun sebenarnya, vegetarian pun berbeda-beda dan memiliki beberapa jenis, yaitu:

  • Lakto-vegetarian: vegetarian jenis ini mengonsumsi produk susu, tapi tidak memakan telur. Sebagian besar masih mengkonsumsi madu.
  • Ovo-vegetarian: mereka mengkonsumsi telur, tapi tidak mengonsumsi produk olahan susu  dan masih mengonsumsi madu.
  • Lakto-ovovegetarian: mereka mengonsumsi telur, produk olahan susu dan juga madu.
  • Vegan: mereka tidak mengonsumsi apapun yang berasal dari  hewan

Alasan sebagai Vegetarian ?

Ada banyak alasan bagi seseorang untuk memutuskan menjadi vegetarian. Kebanyakan, para vegetarian memilih untuk tidak mengkonsumsi hewan karena mereka merasa bahwa  mengonsumsi hewan sebagai makanan tidaklah benar. Alasan lainnya biasanya karena memakan daging bertentangan dengan agama atau kepercayaan mereka. Namun sekarang, banyak juga orang yang memilih menjadi vegetarian karena gaya hidup dan diet ala vegetarian diyakini lebih sehat dibanding diet lain. 

Manfaat menjadi seorang Vegetarian ?

Menurut medicalnewstoday.com, ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa kita ambil saat memilih menjadi vegetarian, yaitu:

  1. Kolesterol level di dalam tubuh akan menjadi lebih rendah. Penelitian yang dilakukan di University of Toronto dan St. Michael Hospital menunjukkan bahwa jika seseorang hanya mengkonsumsi beberapa sayuran secara spesifik hal ini bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuhnya sebanyak kurang lebih 30%, sama seperti yang bisa didapat dari terapi obat.
  2. Menjadi vegetarian bisa membuatmu hidup lebih lama, karena gaya hidup ini memperkecil resiko obesitas, diabetes, terkena kanker dan penyakit kardiovaskular.
  3. Gaya hidup ini juga bisa menurunkan tekanan darah dan, yang paling penting, berat badanmu. Secara general membuat tubuhmu lebih sehat.

Tips menjadi seorang Vegetarian ?

Seandainya kamu tertarik untuk menjadi seorang vegetarian, tips dari American Dietetic Association ini bisa kamu coba:

  • Pilihlah produk-produk yang menggunakan gandum utuh, seperti pada roti dan sereal.
  • Pastikan konsumsi makanan dietmu bervariasi untuk mencegah kebosanan.
  • Jika kamu memutuskan untuk terus mengonsumsi produk-produk olahan susu, pilihkan yang memiliki kandungan rendah lemak.
  • Jangan mengkonsumsi telur lebih dari 3-4 butir seminggu.
  • Rencanakan secara matang apa saja yang akan kamu beli ketika akan berbelanja.
  • Periksa label makanan yang akan kamu beli.
  • Carilah toko khusus yang bisa kamu jadikan sebagai tempat belanja langgananmu.

Apapun alasannya, menjadi seorang vegetarian tidaklah mudah. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba perlahan-lahan mengurangi konsumsi daging dan mengganti dengan menu vegetarian yang lebih sehat.

Banyak manfaat positif yang akan kamu rasakan ketika berhasil menjadi vegetarian. Semangat !

Bella Kartika/Ahmad Fauzi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*